Catatan Free Latihan

Pantangan Masyarakat




Senin, 22 Januari 2018
Dulu.. garam dijual per ons (seperti garam aceh) malam hari sering tertukar.. Untuk menghindari kesalahan maka di "pantangkan" membeli pada malam hari. Apalagi zaman dulu lampu sering lampu teplok... Anehnya seringnya beli garam tertukar gula.. Bukan gula tertukar garam.. (Pernah ngalami)

Tak boleh jual beli jarum malam hari... (Dulu).
Jangankan malam yang minim pencahayaan, dengan lampu terang seperti skrg saja jika jatuh agak sulit di cari. Bgmn dulu yang minim cahaya, kios berlantai tanah/pasir. Jika jatuh? Salah-salah tertusuk kaki atau jari. Jarum zaman dulu tdk seperti skrg yg steril. Zaman dulu jarum dikios byk yg udah berkarat juga dijual. 

Tidak boleh menyapu malam.. Zaman dulu rata2 keluarga memiliki anak diatas lima bahkan puluhan dengan jarak yang rapat.. Belum lagi umumnya rumah panggung dengan banyak lubang di lantai kayu... Jk ada barang berharga yang masuk ke lubang walau uang satu sen? Sebab rumah panggung zaman dibawahnya sering menjadi tempat untuk menumpuk kayu bakar, tempat tidur ternak, dll. Jk jatuh sulit nyarinya.. Kan anak2 sering pegang2 barang. Apalagi lampu minim, tak terlihat apa yg di sapu yg mungkin terbawa barang berharga seperti anting2 anak perempuan yg terlepas.

Dahulu, ini sebagai nasehat sebab banyaknya kejadian... Yang ternyata menjadi budaya (sekali lagi BUDAYA) dimasyarakat secara turun temurun.

Begitu juga seperti larangan makan didepan pintu... Dan lain-lain.. Semuanya ada alasannya...

Tapi sekarang banyak yang sudah tidak berlaku lagi.. Kecuali di pedalaman. Kita beli garam di mini market ok, beli jarum ok, sapu rumah malam silakan... Wong rumah full cahaya, anak sedikit, lantai sudah semen....

Yang terakhir: masalah garam yg agak tidak masuk akal, Secara supranatural (bagi yg faham) dianya adalah penetralisir negatif pada malam hari.... Jk saya pribadi lebih cocok versi ini... Apalagi dulu itu masalah teluh masih sangat kuat dalam kehidupan masyarakat. Wallahualam

Sedikit tambahan.. (Diluar konteks diatas) Feng shui itu adalah kebiasaan yg diterapkan dalam hidup orang china. Anehnya banyak feng shui (tidak semuanya) justru sesuai dengan ajaran islam dan ketika dianalisa secara kekinian justru terbukti benar (bermanfaat).
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved