Catatan Free Latihan

Kecil Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh




Monday, 29 September 2014
Ungkapan Kecil Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh sering sekali kita dengar dalam kehidupan. Sebenarnya bukan kita dengara melainkan kita lihat langsung dengan mata kepala kita sendiri. Sayang, hingga saat ini, begitu banyak yang telah kita lihat namun tetap saja belum bisa menjadi pelajaran dalam menjalani kehidupan ini. 

Alam telah memberi contohnya semuanya. Lihat saja empat unsur alam ; Air, Api, Tanah, dan Angin. Keempat unsur alam yang sangat dibutuhkan manusia ini adalah fakta: Kecil Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh. 

empata unsur alam

Semua makhluk hidup di muka bumi membutuhkan empat unsur bumi ini. Tidak banyak. Hanya sedikit. Ya, kita semua membutuhkan kempat unsur ini dalam jumlah sedikit. Kecuali Perusahaana yang diperuntukkan secara massal. Jika manusia menggunakan empat unsur ini secara berlebihan, bukanlah manfaat melainkan mudharat (musibah) yang akita peroleh.  

Air. Manusia sangat membutuhkan air. Bukan hanya untuk mandi dan minum. Tapi Air juga menjadi sumber utama bagi tumbuhan dan berbagai jenis hewan yang menjadi makanan manusia. Seluruha makhluk membutuhkan air namun dalam jumlah yang sedikit. Kecil (sedikit) Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh. Jika sudah banyak dan berlebih, bukan manfaat yang didapat melainkan bencana.

Api. Tidak berbeda dengan air. Kecil Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh sangatalah nyata dalam kehidupan. Apia, dalam kondisi kecil menjadi sahabat manusia, saat berlebihana, benar-benar menjadi musuha yang sangat menakutkan. 

Angin. Unsur alam ke tiga inia tidak jauh berbeda dengan Air dan Api. Semua kita senang dengan angin yang sepoi-sepoi, namun ketika angin menjadi badai, kita pun tak jaranga harus berkorban harta benda dan nyawa. 

Tanah. Pernahakah kita melihat tanah yang "lepas" dari ikatannya. Yaitu tanah longsor. Ia akan berhenti hingga mencapai kiloan meter dan meanghancurkan segalanya. Padahal manusia hanya butuh sedikit untuk lahan dan bangunan, tapi saking tamaknya lupa untuk menjaga dan memperbaikinya. Mengeruka sesuka hati tanpa ampun. 

Begitulah alam mengajarkan kita kehidupana. Tapi tetap saja kita menutup mata. Bahwa hidup tidak perlua banyak dan berlebihan. Sedikit tapi berkecukupan (berkah). 

"... Jangan Lupakan Bagianmu di Dunia" sebagaimana yang dikatakan Allah swt. Allah tidak berkata "Ambillah sepuas dan sesuka hatimu di dunia ini".

Mau bukti? Makan saja kita disarankan tidak berlebihan karena akan menimbulkan penyakit. Begitu juga bekerja, tetap pada porsinya. Tidak boleh berlebihan. Bahkan, rasa sayang dan cinta, dianjurkan untuk tidak berlebihan.

Coba tanyakan pada orang-orang kaya, pejabat, artis dan lain-lain. Betapa mereka susah tidur dan selalu takut akan masa depan. Takut kehilangan peran (jabatan), takut harta di curi, takut bangkrut dan lain-lain. Akhirnya tidur pun susah. Semua ini tidak lain karena mereka telah berlebih-lebihan dalam menjalani hidup.

Alam sudah menunjukkan semuanya. Kecil Jadi Sahabat Besar Jadi Musuh.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved