Catatan Free Latihan

Mundur Satu Langkah : Proses Panjang




Tuesday, 12 August 2014
Mundur Satu Langkah Untuk Maju 1000 langkah
Sering kita mendengar sebuah nasehat, bahwa, dalam hidup, kita perlu mengalah atau dalam istilahnya mundur satu langkah untuk maju 1000 langkah.

Memang benar nasehat diatas. Namun, masalahnya, sangat jarang proses mundur selangkah ini dapat dilalui dalam sekejap. Umumnya, proses ini seperti proses "penyadaran" atau "hukuman" untuk memperbaiki segala kekurangan dan kesalahan. 

Banyak orang manganggap mundur satu langkah adalah sikap mengalah. Sebenarnya tidak. Karena, proses yang tak lebih dari "penyembuhan" ini tanpa sadar harus dilalui dalam waktu panjang. Tidak mengherankan, orang-orang yang berani mundur satu langkah untuk maju 1000 langkah harus menjalaninya dalam kurun waktu yang panjang. bulanan, tahunan hingga mencapai belasan tahun. Tergantung proses "mundur" yang dijalaninya. 

Nah, jika mampu melalui proses berat dan menyakitkan ini, maka maju 1000 langkah pun bisa dilakukan dan semua mimpi dapat di gapai.

Masalahnya, banyak manusia tak mampu menyelesaikan proses "memperbaiki" diri ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya daya tahan terhadap omongan dan cibiran orang lain. Tak siap menahan perasaan, seperti rasa kesal, rasa malu hingga membangkitkan kembali kepercayaan diri. 

Mundur satu langkah tidak hanya untuk menyusun strategi baru, melainkanjuga untuk memperkuat "barisan" yang masih lemah. Jadi, mundur satu langkah tidak selamanya untuk mengalah. Jika alasannya ini maka jalan mundur itu justru salah. Karena, mundur satu langkah adalah jalan para "klsatria" untuk menjadi lebih baik (sempurna).
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved