Catatan Free Latihan

Bakat tak Menjamin Kita "Bisa"




Wednesday, 11 June 2014
Manajement talent
Bakat atau Talenta,
perlu di poles (manajemen) agar dapat membuahkan hasil.
Sering diantara kita mengganggap dirinya memiliki bakat atau talenta yang luar biasa. Bakat bawaan lahir. Memiliki suara merdu, kemampuan melukis yang halus, atau berbagai jenis bakat lainnya. Sedikit bersombong mereka biasa mengatakan bahwa semua ilmu yang diperolehnya di dapat secara otodidak.

Benar, untuk bakat alamiah sebagian besar didapat secara otodidak, tapi ada juga yang mengaku-ngaku mendapat ilmu secara otodidak untuk bisa menjadi seorang webmaster atau seorang hacker, misalnya. Apakah mungkin? 

Perlu digarisbawahi, ilmu otodidak itu adalah ilmu alami yang tidak dipelajari baik melalui sekolah, menggunakan guru termasuk memakai jasa mesin pencarian (search engine) google atau sejenisnya. Dan ilmu otodidak ini hanya berlaku untuk bakat alami.

Lalu, apakah bakat alami itu sudah bisa menjamin bahwa kita bisa dan mampu dalam dunia yang sama? Bersaing dengan orang lain yang memiliki bakat yang sama? 

Jawabannya tidak. Bakat yang kita miliki tidak menjamin semua itu. Karena, bakat masihlah alami dan belum berproses. Butuh polesan dan kerja keras lagi untuk menjadikan bakat itu benar-benar "kuat" dan berdaya guna. Bakat berlari dengan tungkai yang bagus belum tentu menjadi pemenang di lintasan lomba. 

Bakat melukis, belum tentu ia bisa melukis di atas kanvas dan menghasilkan gambar yang bernilai tinggi, jika tidak melatih bakat itu, bukan gambar bagus yang di dapat, malainkan kerugian karena cat dan kanvas terpaksa dibuang sia-sia. Bakat yang kita miliki justru menjadi penghancur bagi diri sendiri. 

Bakat yang bermenfaat akan didapat setelah proses. Dibutuhkan pengorbanan untuk mendapat "formula" terbaik kemana bakat akan diarahkan, dibutuhkan insting untuk membentuk bakat menjadi kekuatan (ekonomi) dalam menjalani hidup. Dengan kata lain, bakat perlu dimanajemen. 

Oleh karena itu, latihlah dna poles bakat itu. Baik melalui pendidikan formal maupun informal. Sebab, jika tidak dilatih, maka bakat tersebut tidak lagi bermanfaat. 
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved