Catatan Free Latihan

Solusi Cerdas yang Mencerdaskan Bangsa




Friday, 30 May 2014

Kota 1001 warung kopi, itulah Banda Aceh, ibukota Provinsi Aceh. Kehadiran warung kopi tak hanya sebagai wadah ngumpul dan berbagi melainkan juga menjadi tempat untuk berkerja dan kegiatan penting lainnya.

Banyak warga yang memanfaatkan warung kopi (warkop) sebagai tempat kedua untuk bekerja. Apalagi, sebagian besar warung kopi di Aceh memberi fasilitas internet gratis via Wireless Fidelity atau wifi. Jadi, tidak mengherankan, apabila banyak kita jumpai pengunjung warkop yang terlihat sangat serius diantara pengunjung lainnya.

Tak pelak, Kota Banda Aceh benar-benar menjadi kota cyber. Karena, di manapun kita berada, saat membuka gadget yang memiliki kemampuan wifi, dalam satu titik bahkan kita mendapati puluhan sinyal wifi gratis. Warga Banda Aceh benar-benar dimanjakan dengan fasilitas ini.

Melihat perkembangan warung kopi dengan fasilitas internet gratis ini, tidak mengherankan bila Pemerintah Kota Banda Aceh telah menjadikannya sebagai brand menuju Aceh yang lebih baik dan maju. Yaitu sebagai Islamic Cyber City. Program ini pun diperkuat dengan dukungan Telkom yang telah membuka jaringan hotspots di seluruh Gampong di Banda Aceh melalui program Internet Sehat.

Akan tetapi, walau menjamurnya jaringan wifi di Banda Aceh, bukan berarti masyarakat dapat menikmatinya dengan nyaman dan mudah. Hal ini tidak lain karena ulah orang-orang yang kurang bertanggungjawab. Fasilitas umum ini kerap dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Banyak pengguna internet di warung kopi, sengaja “menyedot” jaringan melalui aplikasi illegal. Ini belum termasuk ramainya pengguna yang melakukan download secara “jor-joran”. Jadi, bisa dibilang, jaringan wifi di Banda Aceh kadang tidak memberi manfaat secara luas kecuali yang memiliki kemampuan “menyedot” jaringan secara illegal. Kenyataan ini bahkan tidak mampu ditanggulangi para pemilik warkop.

Saya pribadi sempat kewalahan menghadapi masalah ini. Bahkan, saya dan teman-teman pernah berpindah-pindah warkop untuk mencari jaringan yang stabil. Namun hasilnya tetap mengecewakan. Di mana-mana, pengguna jaringan wifi menyedot jaringan dan melakukan download berjamaah. Akibatnya, saya tidak pernah lagi memanfaatkan wifi di warkop. Padahal saya pengguna aktif internet, minimal dalam sehari saya “wajib” online selama 6 (enam) jam. Bisa dibayangkan betapa tersiksanya saat harus bekerja namun jaringan tak bisa digunakan.

Beruntung semua itu tidak lama. Tahun 2012 semuanya berubah. Telkom melalui Telkom Speedy benar-benar membuka terobosan baru yang cerdas. Yaitu Speedy Instan, sebuah aplikasi jaringan wifi tambahan diluar jaringan utama pemasang internet. Namanya Speedy Instan@wifi.id.

Benar-benar terobosan kreatif. Maklum, user yang menggunakan Speedy Instan tidak perlu pusing menggunakannya. Karena, wifi.id dapat langsung diaktivasi melalui handphone bagi pengguna kartu Telkomsel dan Flexy. Bahkan, harganya pun sangat murah dan terjangkau.

Kelebihan utama Speedy Instan, tidak terbatas user, tidak terbatas penggunaan dan dapat dipilih sesuai kebutuhan waktu yang kita inginkan.

Buktinya, saat membuat tulisan ini saya duduk di warkop Zeepelin di Jalan Tengku Lamgugob, Banda Aceh, tidak lagi takut jaringan lambat karena ulah pemakai yang tidak bertanggungjawab. Setelah mendaftar di handphone via sms ke nomor 8108 langsung mendapatkan user name dan Password. Melalui jaringan @wifi.id dan memilih SSID @wifi.id untuk segera connect ke internet.

Petunjuk Penggunaan Speedy Instan Card


Semua lancar karena jaringan wifi.id benar-benar seperti jalan tol. Paling mengagumkan, jika kita tidak mendapati card Speedy Instan seharga Rp 5.000, kita bisa menggunakan cara kedua, yaitu potong pulsa. Saya bisa mendaftar dengan biaya terkecil Rp.1.000. Sangat murah tapi tidak murahan. Coba bayangkan, di mana bisa kita dapatkan jaringan kencang dengan harga super murah?

Bagi yang membeli Speedy Instan Card akan dapat bonus menarik pula. Yaitu nonton film gratis di www.useetv.com. Menarik bukan? Nah, jika penasaran, kunjungi saja website Speedy Instan di http://speedyinstan.com. 

Speedy Instan tidak hanya mampu melahirkan terobosan baru dan cerdas, tapi juga telah membuat pemakai internet di Banda Aceh semakin cerdas dalam menggunakan waktu saat berinternet.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved