Catatan Free Latihan

Pilihan Diantara Pilihan




Tuesday, 13 May 2014
Memilih Pilihan Tepat
Dalam hidup, kita sering sekali dihadapkan dengan pilihan. Tidak jarang, kita sulit untuk menentukan pilihan karena terlalu banyak pertimbangan. Parahnya, tidak jarang pula, kita tidak tahu membedakan mana yang terbaik dan dari semua pilihan diantara pilihan yang ada.

Paling parah, justru kita sering tidak mengetahui apa yang kita pilih, apa tujuan dan manfaat yang akan kita dapatkan. Akhirnya, sering kali kita salah menentukan pilihan karena berbagai alasan yang tidak masuk akal.

Padahal, dalam kehidupan ini, kita sering sekali mempraktekkan apa yang bisa kita pilih saat banyak pilihan berbentur waktu dan tempat yang sama. Misalnya, ketika kita mendapat undangan ulang tahun sahabat, satu sisi kita juga harus membantu tetangga yang sedang mengadakan hajatan pesta perkawinan, dan di waktu yang tidak jauh berbeda kita harus menghadiri undangan pertemuan alumni tempat sekolah dulu.

Sering sekali, pilihan-pilihan seperti di atas dapat kita penuhi semuanya secara “pas” tanpa ada masalah berarti.

Tapi, mengapa ketika ada tiga pilihan berbeda kita tidak mampu memilih. Misalnya:
1.  Mengikuti Pelatihan Jurnalistik selama tiga hari di Jakarta
2.    Mengikuti Ujian Mid Test di Kampus
3.    Mengikuti Magang di Salah Satu Perusahaan Nasional

Dari ketiga pilihan di atas, tentu semuanya menarik dan semua orang akan berlomba-lomba untuk mengikutinya. Masalahnya, semua pilihan diatas terjadi dalam kurun waktu yang sama, yaitu dalam minggu yang bersamaan.

Mana yang akan kita pilih? Mengikuti pelatihan jurnalistik karena disitulah potensi dan cita-cita selama ini diinginkan. Atau, mengikuti Ujian Mid Test di kampus, karena kita harus menjadi sarjana (walau kita kuliah bukan pada bidang yang sesuai dengan potensi), atau mengikuti magang di perusahaan nasional yang bisa mendapatkan sertifikat berharga?

Kira-kira mana yang akan kita pilih. Inilah pilihan berat, pilihan diantara pilihan. Terkadang nafsu sering sekali membodohi, pandangan mata sering sekali menipu. Jika kita mengenal siapa diri kita, mengenal potensi dalam diri, tentu tidak sulit untuk memilihnya.
Karena, setiap pilihan, tetap ada solusi. Mana pilihan yang bisa di-kemudian-kan, mana pilihan yang bisa ditunda, dan mana pilihan yang harus diambil.

Kita harus bisa memahami, kesempatan tidak pernah datang dua kali. Jika pun datang, pasti tidak sama dan tidak akan pernah sama. Jangan sampai pilihan membuat kita menyesal dikemudian hari.

Sangat sering terjadi, kita memilih dengan alasan yang tidak masuk akal. Misal, memilih dengan alasan banyak teman, dapat uang, dapat sertifikat agar dalam Curriculum Vitae terlihat berpengalaman, atau biar cepat selesai kuliah walau setelah tamat dan mendapat ijazah hanya menjadi tenaga kontrak tak bergaji.

Siapa diri kita? Kenalilah, agar kita tak salah pilih. Apa tujuan hidup dan kemana arah hidup kita nantinya. Semua itu tergantung dari pilihan yang kita ambil saat ini. Ketika sudah memilih, pancangkan kaki dengan kuat hingga akhir dan bertanggungjawab terhadap pilihan tersebut. 
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved