Catatan Free Latihan

Nasib, Takdir dan Kehidupan




Sunday, 2 March 2014
Nasib dan takdir kehidupan
Cara kita menjalani kehidupan ini
 akan menentukan takdir dan nasib
Nasib dan Takdir, kerap menjadi kambing hitam atas sebuah kegagalan. 

Semua masalah, sering sekali kita pasrah dan menyerahkannya pada nasib dan takdir yang telah di tentukan oleh Tuhan. 

Padahal, yang harus kita pahami, kehidupan ini (memang) ditentukan oleh nasib dan takdir. Tapi pernahkah kita berpikir, bahwa sesungguhnya, manusia diberikan akal sebagai pembeda dari makhluk-makhluk lainnya di muka bumi.

Akal dan pikiran yang diberikan pada manusia merupakan sebuah pintu, kemana kita akan memasuki kehidupan ini. Yaitu, merubah dan menjadi lebih baik, atau hanya berpangku tangan dan pasrah pada nasib dan takdir.

Nasib tergantung pada takdir, tapi, takdir itu tergantung dari cara kita menjalani kehidupan ini. Allah telah memberi pilihan kepada manusia untuk menempuh jalan hidupnya. Melalui jalan kebaikan atau keburukan, dan semua itu dibantu oleh akal dan pikiran.

Allah menciptakan manusia dengan potensi, yang mana potensi-potensi inilah yang dapat diarahkan. Apakah menuju kebaikan atau keburukan. Apalagi, setiap manusia telah diberikan "selaput" untuk lebih memilih kebaikan daripada kejahatan.

Jalan baik dan buruk ditentukan oleh cara kita menjalani hidup ini. Cara menggunakan potensi dan akal pikiran. Sebagaimana yang Allah swt katakan dalam Quran ;

Maka Kami telah memberi petunjuk (kepada)-nya(manusia) dua jalan mendaki (baik dan buruk) (QS Al-Balad [90]: 10)

Akan tetapi, nafsu telah menggerogoti hingga kita tak mampu mempergunakan potensi dengan baik dan benar, tidak menggunakan akal dan pikiran sebagaimana titah yang diberikan Allah.

Semua jawaban itu ada pada diri kita masing. Pertanyaannya adalah, apakah kita mau? walau pilihan ada ditangan kita. Jadi, jangan salahkan nasib dan takdir. Karena kita memiliki akal dan pikiran. 


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved